banner 468x60

Anggota Kodim Martapura Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan di Sungaitabuk Kabupaten Banjar

 HANKAM
banner 468x60

Kandang Menjangan News, –Anggota Satgas Pencegahan dan Pemadaman Bencana Asap Kodim Martapura menangkap seorang pelaku pembakaran hutan dan lahan di Sungaitabuk Kabupaten Banjar pada Selasa (20/8). selanjutnya diserahkan kepada Polres Setempat.

Komandan Kodim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, pihaknya sangat bangga terhadap keberanian anggota Koramil menangkap pelaku pembakaran hutan.

“Dua anggota Satgas Karhutla yang bertugas juga sebagai Babinsa, Pelda Sopyan yang bertugas di Koramil -07/BJB dan Serda Sujani Koramil-09/ Sungai Tabuk Kabupaten Banjar,” katanya, Rabu (21/8).

Dia mengatakan, semua patroli terpadu dan sosialiasi terus dilakukan, dalam beberapa hari dirinya bersama dengan masyarakat peduli api melihat dan menemukan orang yang mencurigakan masuk hutan menyusuri semak belukar.

Untuk pembakal lahan yang di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, berdasarkan pengakuan anggotanya, Serda Sujadi bahwa melakukan patroli dua jam lamanya menyusuri lokasi yang sama, kemudian melihat tersangka dengan barang buktinya usai membakar lahan. Anggotanya tersebut sempat melakukan pengejaran karena pembakar lahan diketahui bernama M Juni sempat melarikan diri.

“Tersangka di Sungai Tabuk ini sempat melarikan diri dan kejar-kejaran dengan anggota kami. Lahan yang dibakarnya antara Desa Abunbun Jaya dengam Gudangtengah,” jelas Siswo Budiarto.

Berbeda halnya Pelda Sopyan , cara penangkapanya yang mana selama tiga hari memantau aktifitas masyarakat pada Selasa (20/8) pukul 10.30 wita. Lahan kosong berukuran sekitar 25 m x 50 m samping BLK kelurahan Sungai Ulin, didapati dua orang pembakar lahan kosong bernama Sadik (47) yang merupakan pekerja bangunan di Komplek Cahaya Idaman blok B No 48 Rt 40 Kecamatan Cempaka dan Hendri (45) warga Pondok Kelapa No 58 Kecamatan Loktabat Utara yang bekerja swasta.

Atas keberanian dan usaha anggotanya tersebut bertugas, Komandan Kodim 1006 Martapura langsung memberikan penghargaan kehormatan. Penyerahan penghargaan berlangsung di aula Makodim 1006/ Martapura, Rabu (21/8).

“Keberhasilan anggota kami ini berkat informasi masyarakat yang selama ini sudah membantu. Kedua orang tersangka itu terbagi dua wilayah kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru saat ini para pelaku telah diamankan Polres Banjar dan Polsek Banjarbaru guna pemeriksaan lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan perbuatannya,” bebernya.

Pihaknya menunggu hasinya karena yang berwenang memroses hukum adalah pihak kepolisian. Ditambahkannya, haruslah bisa meliterasi kepada masyarakat dampak kebakaran itu dapat mengganggu kesehatan.

Terpisah, Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete melalui Kasat Reskrim Polres Banjar, AKP Sofyan membenarkan untuk pelaku pembakar lahan bernama M Juni sudah diamankan di Polres Banjar. Tersangka hingga Rabu siang masi menjalani pemeriksaan.

“Masih kami periska dan selidiki lebih lanjut,” pungkas Sofyan diamini KBO Satreskrim Polres Banjar, Ipda Alfiansyah.

 

Editor: 42

Sumber: BANJARMASINPOST.CO.ID

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply