banner 468x60

KKSB/OPM Diduga Akan Meneror Aktivitas di Areal Tambang Jelang Dirgahayu Republik Indonesia.

 HANKAM
banner 468x60

Kandang Menjangan News, –Kodim Mimika Papua mengantisipasi gerakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) yang akan bergerak ke Tembagapura, Kabupaten Mimika. Aksi KKSB diduga untuk meneror aktivitas di areal tambang itu jelang Dirgahayu Republik Indonesia.

Komandan Kodim 1710/Mimika, Letkol. Inf Pio L. Nainggolan, mengatakan pergerakan KKSB diketahui saat rapat rutin dalam rangka mengevaluasi situasi keamanan di wilayah objek vital nasional. “KKSB ini sengaja membuat gaduh perayaan 17 Agustus di Papua. Kita tetap waspada,” ujarnya, Selasa (13/8).

Untuk mengantisipasi masalah ini, aparat keamanan telah megoptimalkan pasukan di pos yang ada, serta mempersempit ruang gerak KKSB. Dandim Timika menyebutkan ruang gerak perlintasan KKSB di Tembagapura biasa melalui dua rute yaitu Ilaga-Aroanop hingga Banti.

Kemudian rute lainnya adalah Ilaga-Jila-Tsinga hingga pegunungan Grasberg. “Kami telah antisipasi rute-rute baru yang dibangun oleh KKSB yang selalu mencari persediaan untuk logistik dari Timika,” ujarnya.

Editor:42

Penulis: Katharina

Sumber: Kumparan

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply