banner 468x60

Mabes TNI AL KM Mina Sejati Bukan Merupakan Aksi Pembajakan Atau Perompakan Melainkan Kejadian Kriminal Yang Melibatkan Sesama ABK

 HANKAM
banner 468x60

Kandang Menjangan News, –Markas Besar TNI Angkatan Laut mengungkapkan, insiden yang menimpa KM Mina Sejati bukan merupakan aksi pembajakan atau perompakan melainkan kejadian kriminal yang melibatkan sesama ABK di kapal tersebut di ungkapkan Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengatakan, insiden yang menimpa KM Mina Sejati di perairan laut Maluku itu dilatarbelakangi oleh perkelahian antara sesama ABK.

“Perlu digarisbawahi di sini bahwa kejadian tersbeut bukan perompakan atau pembajakan,”ungkap Zaenal kepada Wartawan lewat telepon selulernya, Senin (19/8/2019).

Dia menjelaskan, tidak ada aksi pembajakan ataupun perompakan terhadap kapal nelayan tersebut seperti yang ramai diberitakan.

Menurutnya, insiden yang menimpa KM Mina Sejati murni merupakan aksi kriminal, sehingga narasi yang dikembangkan tidak mesti mengarah kepada perompakan atau pembajakan kapal.

“Saya ulangi ya Pak, mari kita sama-sama membawa narasi ini bahwa insiden ini bukan perompakan atau pembajakan tetapi ini adalah kejadian perkelahian, kriminal murni di dalam KM Mina Sejati,” terangnya.

Dia mengatakan, akibat perkelahian yang terjadi antara sesama ABK di kapal tersebut, 13 orang memilih menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.

Saat ini, kata dia, masih ada 15 ABK termasuk 3 orang yang diduga sebagai pelaku masih berada di atas kapal.

Saat disinggung soal motif di balik perkelahian antarsesama ABK kapal tersebut, Zaenal mengaku belum mendapatkan laporan resmi.

“Kenapa sampai terjadi perkelahian kami belum peroleh informasi tersebut, yang jelas ada 15 orang yang masih hidup termasuk 3 pelaku berada di atas kapal,” ujarnya

 

Editor; 42

Sumber: Kompas.com 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply