banner 468x60

China berulah, kapal selam mereka bermanuver di laut Cina selatan

 INTERNASIONAL
banner 468x60

foto ilustrasi

Kandang menjangan news – Sebuah Radio Free Asia (RFA) – yang didanai pemerintah AS berbasis di Washington DC, melalui layanan Satelit Komersial Photo Labs, pada tanggal Agustus 2020 lalu  menangkap gambar kapal selam China yang meninggalkan pangkalan bawah air.

Kapal selam teridentifikasi sebagai kapal selam serang kelas Shang type 093 tertangkap oleh satelit, merupakan kapal selam canggih yang enam diantaranya dimiliki oleh pasukan China.

Kejadian ini adalah buntut dari ketegangan permusuhan di Asia Tenggara yang meletus saat China mengancam AS dengan peringatan serangan rudal.
Atas tertangkapnya gambar manuver kapal selam China di dekat Pulau Hainan, wilayah yang secara strategis signifikan di lepas pantai selatan Cina itu, pensiunan Kapten USN Christopher Carlson memperingatkan, bahwa kapal-kapal ini “mencari masalah” karena banyak orang yang tidak tahu bahwa kapal selam ini sedang bermanuver seperti hewan di permukaan
Gambar terbaru di Google Maps, misalnya, menunjukkan tiga kapal selam, dua pembawa rudal balistik dan satu jenis untuk serangan yang lebih kecil. 

Ketiga kapal selam itu tampak tertambat di dermaga terbuka. Dan ini bukan yang pertama kalinya ditemukan gambar jenis ini.

Pangkalan serupa lainnya juga telah dibangun pada tahun 2017,  yang bertujuan untuk membantu Presiden Xi Jinping menghadapi kekuatan AS dengan meningkatkan kendali China atas perairan yang diperebutkan.
Jian Zhimin, dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Bumi, Universitas Tongji mengatakan: “Perangkat tersebut akan ditempatkan di dasar laut melalui kabel optik, dengan kata lain, membangun laboratorium di bawah laut untuk mengumpulkan dan mengirim data kembali kepada kami.”

Pakar keamanan di Universitas New South Wales, Carl Thayer, memperingatkan bahwa pangkalan itu akan menjadi ancaman bagi pasukan AS. “Ini akan menjadi perhatian langsung ke Amerika Serikat dan negara bagian lain yang mengoperasikan kapal selam,” ujar Thayer.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply