banner 468x60

Akibat ScreeneX Vision Through Glass Kaca Jendela Di Ranpur Jadi Layar Interaktif

 MILITER
banner 468x60

Kandang Menjangan News – Dengan kondisi ruang ranpur maupun rantis terbilang serba ngepas, atau bahkan terkesan sempit, maklum saja di dalam kendaraan militer cukup banyak perangkat yang tertanam. Namun dalam pertempuran, kadang kondisi serba sempit dan terbatas jelas tak menguntungkan bagi awak pada ranpur. Untuk menyiasati kondisi di atas, OSG ScreeneX meluncurkan teknologi vision through glass khusus di kendaraan perang.

Persisnya, awak ranpur dapat memanfaatkan kaca tahan peluru pada jendela dengan fungsi ektra, yang dimaksud ekstra disini frame kaca dapat dimanipulasi untuk menampilkan display interaktif. Bila General Motor mengembangkan konsep ini sebagai layar hiburan pada kaca jendela di pintu penumpang, maka OSG ScreeneX menyulapnya kaca jendela sebagai display interaktif untuk menampilkan beragam informasi taktis dalam Battlefield Management System.

Mengutip dari shephardmedia.com, OSG ScreeneX yang merils inovasi ini di DSEI 2019 menyebutkan, bahwa terobosan ini dihadirkan berdasarkan permintaan dari personel militer akan konsol tempur yang komplit guna memaksimalkan sudut ruang yang sempit di dalam ranpur. OSG ScreeneX yang berbasis di Israel tak sendiri dalam menggarap proyek ini, pihaknya juga melibatkan nama-nama besar di industri militer, seperti BAE Systems, Thales Australia, Oshkosh Defence, dan Rheinmetall.

Oren Yaron, marketing and sales manager OSG mengatakan bahwa tampilan tradisional dari kontrol konsol ranpur ini semula dirancang pada area dashboard kendaraan, namun kini dapat dimanipulasi dan ditampilkan pada kaca depan atau samping ranpur dengan menggunakan teknologi layar digital ScreeneX.

Teknologi yang mengintegrasikan lapisan kaca yang terlindung oleh balistik ini nantinya dapat digunakan untk melihat dan memanipulasi berbagai sumber informasi, termasuk electro-optical dan infrared video feeds dan BMS. “Solusi ini juga dirancang untuk meningkatkan kewaspadaan situasional yang maksimal kepada operator kendaraan tanpa mereka harus melihat ke end user device,” tandas Oren Yaron.

Dirancang berdasarkan standar NATO STANAG 410G, teknologi layar sentuh ini dapat diintegrasikan terhadap berbagai kendaraan tempur – begitu halnya dengan ukuran layar yang dapat dipersonalisasikan, tergantung kebutuhan setiap operator.

Konsep vision through glass oleh GM

Oren Yaron mengatakan saat ini pihak OSG masih berada dalam ‘tahap negosiasi’ dengan militer Jerman, Turki, dan Amerika Serikat terkait ScreeneX varian terbaru ini. Negosiasi ini ditujukan untuk memastikan apakah teknologi anyar ini mampu diintegrasikan dengan ranpur milik masing-masing negara. Ia juga membocorkan bahwa sudah ada satu negara yang telah menyetujui pembelian dari teknologi ini.

“Prosesnya sedang dalam tahap penelitian dan pengembangan, kami merancang kaca/layar pada tingkat perlindungan yang lebih fleksibel; mulai dari standar STANAG 1 hingga STANAG 4,” tambahnya. 

 

Editor : 42

Sumber : Indomiliter

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply