banner 468x60

M3 Amphibious Rig Untuk Zeni Tempur TNI AD Telah Tiba di Indonesia

 MILITER
banner 468x60

Kandang Menjangan News – HUT TNI Ke-74, 5 Oktober 2019 boleh jadi akan ada penampilan alutsista baru yang diperlihatkan, tiga unit truk ponton M3 Amphibious Rig untuk Satuan Zeni Tempur (Zipur) TNI AD diwartakan telah tiba di Indonesia yang kemungkinan akan ikut dalam perayaan 5 Oktober nanti. Mengutip dari akun Instagram Penkostrad (27/9), ketiga M3 Amphibious Rig dengan bobot 68 ton ini akan ditempatkan sebagai arsenal di Yonzipur 9. Seperti terlihat pada foto di atas, M3 Amphibious diangkut menggunakan trailer menuju Ujung Berung, Bandung.

M3 Amphibious tiba di Indonesia pada Senin, 23 September 2019, kemudian diarahkan ke Direktorat Zeni TNI AD untuk melaksanakan pengecekan administrasi secara terpusat. Kemudian alat tersebut bergerak menuju PT Pindad dan kemudian sampai di Batalyon Zipur 9 Kostrad. Sebelum dimasukan ke garasi khusus yang sudah disediakan oleh Yonzipur 9 Kostrad, M3 Amphibious Ponton diuji coba terlebih dahulu seluruh fungsinya, seperti transmisi, mesin dan sebagainya.

Zeni TNI AD akan menerima 18 unit M3 Amphibious Rig yang dipesan dalam kondisi full gress. Kemudian mengutip dari keterangan di laman Facebook Lembaga Kajian Pertahanan Strategis (Keris), disebutkan yang diterima Zeni TNI AD bukan hanya 18 unit M3, melainkan ada rantis pokko 3 unit, rantis trackway 5 unit dan recovery vehicle 2 unit. Rencananya, paket peralatan zeni tersebut akan dikirim dalam lima tahap, dengan batas akhir sampai tahun 2020.

Dalam komposisi penggelaran, delapan unit M3 Amphibious Rig yang disejajarkan dapat membentuk jembatan ponton sepanjang 100 meter. Sebagai pemasok M3 Amphibious Rig untuk TNI AD adalah Excalibur International. Excalibur International adalah manufaktur alutsista asal Ceko, perusahaan ini mendapat lisensi produksi M3 dari General Dynamics European Land Systems.

Merujuk pada sumber Lembaga Keris, M3 Amphibious Rig kini diberi label M3I (Indonesia). Keunggulan M3 Amphibious Rig salah satunya dapat melintaskan MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 yang berbobot diatas 60 ton.

Ransus (kendaraan khusus) berkemampuan amfibi ini sejatinya di jadwalkan ikut mengisi defile HUT TNI ke-72 Tahun 2017 di Cilegon, Banten. Namun karena beberapa alasan, kedatangan M3 tertunda dan lama tak terdengar kabarnya sampai suatu unggahan foto memperlihatkan truk ponton tersebut sudah siap dalam logo Zeni TNI AD beserta personelnya yang tengah berlatih di Eropa.

Editor : 42

Sumber : Jakartagreater

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply