banner 468x60

Pasukan TNI Angkatan Darat Ini Menempati Peringkat Pertama Sebagai Pasukan Elit Terhebat di Dunia

 MILITER
banner 468x60

Kandang Menjangan News, –Indonesia memiliki badan kemiliteran khusus yang disebut Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Kopassus memiliki Satuan 81 atau yang lebih dikenal dengan Satuan Gultor 81 yang merupakan unit kecil dalam Kopassus yang diisi oleh prajurit TNI terbaik.

Gugus tugas yang dibentuk pada 30 Juni 1982 ini punya banyak keahlian khusus seperti penanggulangan teror, battle town area, serta pengetahuan di bidang intelijen.

Dilansir dari The Top Tens, pasukan yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur, ini menempati peringkat teratas sebagai pasukan khusus anti teroris terbaik di dunia, bahkan mengalahkan beberapa pasukan elit lain dari berbagai negara di dunia.

Tak hanya pasukan Gultor 81, setiap anggota Kopassus juga diwajibkan memiliki insting dan reflek yang kuat, serta kecerdasan untuk merespons pasukan musuh dengan cepat.

Kopassus juga memang memiliki tugas khusus untuk melakukan tugas-tugas berisiko tinggi dan ekstrem.

Maka dalam pelatihannya, anggota Kopassus harus merangkak dan melakukan kamuflase dalam lumpur, di tengah hujan peluru sungguhan!

Latihan ini dikenal dengan latihan Dropper.

Hingga media Inggris Daily Mail dan beberapa media lain mengungkapkan bahwa latihan dropper yang dilakukan pasukan khusus TNI tersebut dianggap ekstrem.

Latihan seperti ini, selain dilakukan oleh Kopassus, juga dilakukan oleh anggota pasukan khusus TNI dari bagian lainnya.

Sementara, dalam soal bela diri tangan kosong, pasukan khusus ini dideskripsikan sebagai 1 banding 5 tentara biasa.

Ini berarti satu orang anggota Kopassus setara dengan 5 tentara biasa dalam hal bela diri dengan tangan kosong.

Bahkan hasil survey NATO pada 2018 tentang kemampuan pasukan elite dunia mengejutkan banyak pihak.

Pasalnya hasil survey tersebut menempatkan Kopassus atau pasukan elit TNI Angkatan Darat ini menempati peringkat pertama sebagai pasukan elit terhebat di dunia.

Pasukan khusus ini mampu menggeser pasukan elite Inggris SAS (urutan ke 2), Navy Seal AS (urutan ke 3), Syayetet 13 Israel (urutan ke 4) dan Alpha Group Rusia (urutan ke 5).

Editor: 42

Sumber: Suar.id

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply