banner 468x60

Berapa Lama Durasi Olahraga yang Ideal?

 NASIONAL, OLAHRAGA
banner 468x60

KOMPAS.com – Jika kamu sering berolahraga di gym, mungkin tak asing dengan dua karakter pegiat gym berikut: mereka yang kram setelah sesi olahraga super intensif pada waktu istirahat makan siang dan mereka yang menghabiskan waktu di gym selama berjam-jam dan melakukan banyak gerakan dengan set panjang. Namun, sebetulnya berapa lama durasi yang ideal untuk berolahraga? Meluangkan waktu berolahraga bisa sangat menantang bagi orang-orang yang memiliki kesibukan padat. Bagi orang-orang seperti ini, efektivitas waktu menjadi penting.

Personal trainer dan pendiri Too Hottie Coaching, Charlotte De Curtis mengatakan, banyak orang seringkali menyusun target. Seringkali, cara mencapai target tersebut berdasarkan nilai-nilai orang lain, bukan atas nilai-nilai dirinya sendiri. Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan situasi terlebih dahulu. “Jadi, caraku melatih para klien adalah dengan memberikan pedoman, bahwa jika ada sebuah ukuran latihan yang optimal, maka itu berdasarkan kapasitas diri kita masing-masing,” katanya. Bagi Charlotte, ia lebih memilih melatih kliennya tiga kali seminggu selama 40 menit namun konsisten, ketimbang membuat kliennya mencapai target kebugaran tertentu dengan latihan setiap hari yang membuat mereka tertekan. Jadi, lebih baik mengatur waktu yang kira-kira bisa dijalani secara konsisten, misalnya 30 menit setiap hari kerja atau tiga kali sesi dengan durasi 50 menit setiap latihan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Berapa Lama Durasi Olahraga yang Ideal?”, https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/02/064354920/berapa-lama-durasi-olahraga-yang-ideal.
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Bestari Kumala Dewi

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply