banner 468x60

Beberapa Aspek Melihat Berita Hoax Dan Cara Mengatasi

 SOSIAL
banner 468x60

Kandang Menjangan News, –Pertumbuhan penetrasi smartphone dan media sosial yang tidak diimbangi literasi digital menyebabkan berita palsu alias hoax merajalela di Indonesia. Informasi menyesatkan banyak beredar melalui aneka jalur digial, termasuk situs online dan pesan chatting., sehingga  dapat merugikan salah satu fihak.

Kalau tidak hati-hati, netizen bisa termakan tipuan hoax, atau bahkan ikut menyebarkan informasi palsu yang boleh jadi sangat merugikan bagi pihak korban fitnah.

Lantas bagaimana caranya agar tak terhasut? Ketika dijumpai KompasTekno di sela deklarasi Masyarakat Anti Fitnah di Jakarta, Minggu (8/1/2016), Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho menguraikan lima langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli. Berikut penjabarannya.

Beberapa aspek utk melihat apakah berita itu Hoax atau tidak :
1. Sumber Asli tidak jelas
2. Biasanya pembuat berita ( pesan Hoax ) tidak jelas atau sengaja disembunyikan
3. Memanfaatkan organisasi tertentu atau mencatut nama-nama terkenal
4. Di distribusikan lewat media mailing list atau email berantai ( krn sifat media sosial yg cepat utk penyebaran )

Cara terhindar dari berita Hoax,terutama pembaca info di media sosial :
1. Jangan langsung REAKTIF, jika kebetulan si pembaca terlibat pemberitaan Hoax. Lebih bijak utk TIDAK REAKTIF
2. Jangan cepat marah, emosi atau kebakaran jenggot, krn apabila ini terjadi, ibarat menendang pintu yg sudah terbuka
3. Teliti dengan tenang, apa yg diinginkan oleh si pembuat Hoax
4. Cari DATA PEMBANDING, utk menghindari data Hoax itu dianggap benar, maka sajikan DATA ASLI, FAKTA, BERITA RIILNYA
5. Buat bantahan dan dukungan data sesungguhnya (oleh pihak yg bersangkutan), hal ini menunjukan sikap bahwa yg bersangkutan juga tdk senang dengan Hoax dan meminta si pembuat Hoax utk minta maaf. (lebih elegan bila didukung data asli)
6. Dewasa dalam menerima pesan. Gunakan akal sehat, apakah logis atw tidak,masuk akal atau tidak.

Cara melaporkan hoax

Apabila menjumpai informasi hoax, bagaimana cara mencegahnya supaya tidak merugikan orang banyak? Pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

Untuk Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.

Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.

Pengguna internet dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Masyarakat Indonesia Anti Hoax juga menyediakan laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax.

Editor: 42

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply